Sarana berbagi informasi & pengetahuan di era komunikasi

Tips dan Trik Mencontek Ketika Ujian


Mencontek ketika ujian jelas dilarang, tetapi bagi siswa atau mahasiswa yang terdesak atau kepepet dan membutuhkan jawaban, usaha untuk mencontek ketika ujian biasanya muncul. Mencontek kita kategorikan menjadi dua yaitu mencontek jawaban teman dan mencontek di buku atau catatan. Mencontek di buku atau catatan tentu hanya dilarang ketika ujian bersifat close book / tutup buku.

Nah, ketika terpaksa mencontek, tips dan trik berikut ini sebaiknya anda perhatikan :

1. Waktu, jangan coba-coba mencontek di awal ketika ujian baru saja dimulai. Pengawas sebaik apapun akan bereaksi dan anda akan langsung ketahuan. Bisa-bisa anda langsung dikeluarkan dari ruang ujian sebelum sempat mengisi lembar jawaban.
2. Jangan memandangi pengawas terus menerus, ketika pengawas tahu anda memandangi terus menerus, pengawas ujian akan langsung tahu bahwa anda sedang berusaha mencari celah waktu untuk mencontek.
3. Posisi menentukan prestasi? Belum tentu, jangan mengira posisi duduk paling pojok belakang selalu aman untuk mencontek, jangan lupa pepatah “tempat paling berbahaya adalah tempat yang paling aman“.
4. Perhatikan mood pengawas, ketika mendapat pengawas ujian yang terasa galak dan di kepalanya tumbuh dua tanduk merah, segera urungkan niat anda untuk mencontek.
5. Jangan menutup mulut dengan tangan ketika mencoba berbisik dengan teman di sebelah anda, percuma, percayalah, pengawas akan tetap mengetahuinya.
6. Jangan mencoba menutup wajah dengan lembar jawaban lalu mencoba menoleh ke belakang untuk mencontek, tahukah anda itu mirip dengan kadal di sawah yang menyembunyikan kepala ke dalam lumpur sementar badan dan ekornya tetap kelihatan.
7. Bagi anda yang perempuan dan memakai rok, jangan coba-coba untuk menggoda pengawas pria dengan mempertontonkan adegan “panas“. Pengawas mungkin akan “panas“, tetapi ketika anda ketahuan mencontek, tidak akan ada ampun untuk anda.
8. Usahakan tetap bersikap wajar dan jangan berakting seperti anda sedang berpikir keras dan menggaruk-garuk kepala yang tidak gatal serta komat-kamit nggak jelas, pengawas akan tahu itu tandanya anda sedang kehabisan akal dan hanya pura-pura.
9. Ketika anda ketahuan mencontek dan pengawas hanya menatap anda, sadarlah bahwa itu sebuah ampunan dan anda telah mendapat kartu kuning pertama.
10. Tips terakhir, usahakan jangan mencontek kecuali terpaksa.

Semoga tips dan trik mencontek ini membantu, pesan saya bagi anda yang masih siswa atau mahasiswa, banyaklah belajar dan membaca jauh hari sebelum ujian. Jangan gunakan SKS (sistem kebut semalam) kecuali terpaksa juga. Dan sekali lagi usahakan jangan mencontek, pengawas ujian juga pernah menjadi siswa dan mahasiswa, jadi semua trik mencontek anda sebenarnya sudah diketahui.

Anda pernah punya pengalaman nyontek nggak?

Catatan : saya tidak bertanggung jawab atas segala akibat perbuatan mencontek yang anda lakukan, resiko tanggung sendiri ya…

0 comments:

Post a Comment