my opera discontinued news
My Opera yang saya tau adalah website yang menyediakan fasilitas bervariasi, mulai dari blog, Email, dan juga sekalian tempat berkumpulnya komunitas di dalam forum. My Opera beralamat di: http://my.opera.com, secara struktur domain sepertinya situs ini hanyalah salah satu bagian kecil dari Opera, yaitu nama browser yang kita kenal selama ini.
 2 hari yang lalu pada tanggal 19 Desember (pas ultah saya :D) saya menerima email notifikasi yang mengabarkan bahwa mereka telah membuat keputusan untuk menutup My Opera pada tanggal 1 Maret 2014. isi emailnya seperti ini :

When My Opera was launched in 2001, it quickly became an important place for us to meet with you. We have had much great interaction with you in our forums and blogs. This whole idea of giving you a place where you could blog, share photos and send emails turned into an interesting, and very large, side project. Over the years, we've seen social media, blogging sites and new messenger services pop up that offer more and better features than we could possibly maintain. These offerings are their sole business. You all know their names and you probably use their services already.
The explosion of these sites and the amount of resources we need to maintain our own service has changed our outlook on My Opera. We had a good run for many years, but we believe your content could have a better home elsewhere, so we have made the decision to shut down My Opera as of March 1, 2014.
Your My Opera email account will also be discontinued on this date.
Pernyataan: "We had a good run for many years, but we believe your content could have a better home elsewhere, so we have made the decision to shut down My Opera as of March 1, 2014."

Yang kira-kira Artinya: "Kami sudah berjalan dengan baik selama bertahun-tahun , tapi kami yakin konten Anda bisa memiliki tempat yang lebih baik di tempat lain , jadi kami telah membuat keputusan untuk menutup My Opera pada tanggal 1 Maret 2014."

Tapi Untuk teman-teman yang aktif di komunitas opera mungkin bisa berkomentar atas belasungkawa saya ini (lebay), dan memberitahukan jika ada informasi lanjut mengenai jasa dari perusahaan Opera ini. Supaya informasi yang di dapat bisa lebih jelas lagi bagi calon pengguna layanan opera. Jika ingin lebih jelas lagi infonya silahkan baca posting pernyataan resmi penutupan-nya pada link ini : Important announcement about your My Opera account

Walaupun saya belum tau pasti kejelasan tentang apa saja layanan yang di tutup (karena tidak sempat untuk membaca dan mengartikan semua yang ada pada artikel pernyataan resmi-nya), apakah hanya email dan blog atau semuanya namun setidaknya sebagai pengguna, sedikit-banyaknya saya pastinya merasa kaget, karena saya sudah 2 tahun menggunakan jasa email dan blogging dari my opera, walaupun kurang begitu akrab dengan My Opera di banding yang sering biasa saya pakai seperti wordpress, blogger, gmail, dan yahoo namun My Opera secara tidak langsung juga turut membantu dalam banyak kegiatan saya. Dan untuk sekarang saya harus bersiap-siap pindah rumah memindahkan segala berkas yang ada disana, menghilangkan segala tautan blog dan email yang sudah saya pasang dimana-mana, itupun kalau masih ingat :(